Minggu, 10 Agustus 2014

Kontes Duta Batik Minahasa 2014, Perkuat Karakter Budaya Sambil Nikmati Hadiah Menarik

Niat Wale Batik Minahasa melestarikan nilai-nilai budaya Minahasa melalui kain ternyata tidak main-main. Setelah sukses menggelar photo hunting mengangkat waruga dan kain Batik Minahasa yang diikuti oleh hampir lima puluh fotografer Sulawesi Utara, kini WBM menggebrak dengan gagasan Duta Batik Minahasa (DBM).
DBM 2014 ini sendiri merupakan perhelatan pertama dari kontes duta batik yang diharapkan akan mampu mendorong pemahaman orang tentang batik yang sebenarnya. “DBM2014 ini kami niatkan semata mata untuk  makin menumbuhkan kecintaan terhadap nilai-nilai budaya Minahasa melalui kerajinan tangan seni membuat kain batik,”ungkap Veldy Umbas, penggagas Batik Minahasa.
Pemilihan DBM 2014 ini dilakukan dua tahap. Pertama yaitu tahap penyisihan dengan memilih 5 pasang (putra-putri) duta pada kategori pelajar dan 5 pasang pula pada kategori umum yang berusia 18 sampai 24 tahun.
Duta terpilih selanjutnya akan mengikuti sejumlah kegiatan seperti workshop batik, seminar public speaking, hunting photo dan wisata lokal di sejumlah tempat seperti Bunaken, Tangkoko, Danau Linow dan Mahawu.
Selanjutnya para duta akan mengikuti grand final pemilihan Duta Batik Minahasa 2014 untuk memilih pemenang DBM 2014. Pemenang akan mendapatkan kesempatan mengikuti Putra Putri Batik Indonesia di Jakarta pada tahun 2015 nanti. Selain itu pemanang pertama akan mendapatkan paket tour Wisata Batik ke tanah Jawa.

Karena itu, Umbas berharap agar para pemuda dan pelajar benar-benar memanfaatkan event ini untuk memperkaya wawasan selain itu memperkuat pemahaman budaya dan penguatan karakter sehingga mampu menjadi generasi yang siap bersaing di era globalisasi. “Kita berharap ajang ini bukan sekadar kontes cantik ganteng, tapi soal bagaimana menyiapkan generasi muda yang memiliki daya tahan kultural demi menyambut era globalisasi yang makin edan,”tuturnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar