Sabtu, 09 Agustus 2014

Wale Batik Gelar Duta Batik Minahasa 2014



Batik Minahasa yang digagas oleh Wale Batik Minahasa ternyata makin mendapat tempat di hati masyarakat baik dari etnis Minahasa maupun masyarakat Indonesia secara umum. Hal ini terlihat dari begitu antusiasnya masyarakat yang mengharapkan agar ada batik dari tanah Minahasa yang diterima secara luas baik nasional maupun di skala global.
Sayangnya menurut penggagas batik Minahasa, Veldy Umbas, masih banyak orang yang belum mengerti dengan definisi batik yang akhirnya salam paham. Di sinilah menurutnya rancuhnya pemahaman batik itu. Sehingga perlu ada duta-duta batik Minahasa yang akan menjelaskan kepada masyarakat tentang definisi batik yang sebenarnya.  Padahal menurutnya, UNESCO sendiri sebagai badan dunia telah menetapkan bahwa batik adalah teknik atau cara membuat motif pada kain dengan menggunakan perintang warna lilin, pewarnaan dan pelorotan. Dengan definisi ini maka siapapun bisa membuat batik. Hanya masalahnya adalah motif yang dibuat pada kain itu tergantung cita rasa budaya dan karakteristik masing-masing daerah. Maka lahirlah batik Makasar, batik Aceh dan batik Papua. Yang ditonjolkan adalah nilai budaya seni rupa dan ragam hias khas daerahnya masing-masing.
Untuk itulah, maka gelaran Duta Batik Minahasa akan sangat bermanfaat untuk menjelaskan dan mengedukasi tentang batik yang benar. Selain itu penting juga mendorong kreativitas masyarakat dalam bidang kain tradisional. Apalagi ragam hias yang diambil dari situs-situs budaya seperti waruga akan semakin didekatkan kepada masyarakat dan bahkan nilai-nilai budaya yang sangat luhur yang memang menjadi bagian integral dengan masyarakatnya.
Event Duta Batik Minahasa 2014 ini rencananya akan dibuat menjadi event rutin tahunan dan yang terpilih sebagai Duta Batik Minahasa, baik putra maupun putrid akan dikirim pada ajang Putra-Putri Batik Indonesia di Jakarta. Penyelenggaraan DBM 2014 ini menggandeng sejumlah perusahan seperti Manado Post sebagai media partner, Multimart Swalayan, Fotografer Manado, F/21, Honda DAW, Exelcior Travel,  Garuda Airways, Oriflame, Maestro Printing, situs berita www.beritamanado.com  dan www.suaramanado.com dll.

Acara ini sendiri berlangsung dua tahap. Tahap pertama adalah penyisihan untuk mencari lima pasang Duta Batik pelajar dan lima pasang Duta Batik kelompok umum, akan dilangsungkan pada tanggal 15-16 Agustus di area perbelanjaan Multimart kawasan Megamas. Acara puncak grand final rencananya akan dilangsungkan pada saat Hari Batik pada tanggal 2 Oktober nanti. Hadia utama dari kegiatan ini adalah tour wisata batik ke beberapa tempat di pulau Jawa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar